Ukiran Jepara Motif Daun Dan Burung

Jepara adalah salah satu kota penghasil seni rupa yang namanya cukup dikenal. Kota ini adalah penghasil seni ukir kayu yang sudah terkenal sampai seluruh dunia. Hasil - hasil kreasi seni ukiran jepara sudah banyak dikirim hingga ke manca negara. Masyarakat memang banyak yang menyukai seni rupa ukiran dari jepara karena keindahannya. Sisi keindahan alam sangat kental ditampilkan pada ukiran motif relung daun ini. Berikut ini kami perkenalkan salah satu motif ukiran jepara yang banyak dicari oleh para penikmat seni, ukiran relief relung 3 dimensi.

ukiran relief relung jepara

   Ukiran ini menonjolkan keluwesan bentuk daun yang menjalar. Biasanya juga ditambah motif hewan pada desain ukiran untuk lebih mempercantik ukiran ini. Pengerjaan ukiran ini menggunakan tehnik krawangan atau 3 dimensi. Yaitu suatu bentuk tehnik ukiran yang dibuat secara detail bagian atas maupun bagian bawahnya.  Tidak jarang pembeli meminta dibuatkan ukiran dedaunan yang cukup kecil guna memperlihatkan sisi keindahan ukiran relief jepara atau jepara carving ini.
ukiran relief relung jepara klasik

ukiran relief burung

ukiran 3 dimensi relief relung

ukiran burung dan relung

   Jika kita mencermati ukiran jenis ini, terlihat tidak terlalu banyak terdapat pola ukiran. Hanya terdapat banyak ukiran daun daun kecil dengan lengkungan - lengkungan yang luwes. Tetapi untuk sisi keindahan diragukan lagi, karena ukiran ini dibuat secara halus dan detail sehingga menciptakan suatu bentuk seni rupa yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Terbukti ukiran relief relung 3 dimensi motif ukiran dan burung ini cukup banyak peminatnya.

foto gambar ukiran relung 3 dimensi

   Dalam penerapan produknya, ukiran relung menggunakan bingkai kayu jati. Selain itu juga ditambah kaca pada bagian depan guna menghindari debu yang menempel. Untuk pewarnaan, hanya bagian bingkai saja yang diwarnai, sedangkan pada bagian ukiran dibiarkan saja untuk menjaga kualitas kayu. Kayu jati sering dijadikan bahan baku pembuatan Ukiran Jepara Motif Daun dan Burung ini.

Terbanyak Dibaca