Ukiran Jepara

relief ukir seni
ukiran jepara
  Siapa yang tidak kenal ukiran kayu, Ukiran adalah kerajinan utama yang berasal dari kota Jepara. Kayu yang bisa diukir kebanyakan berasal dari kayu jati, mahoni, meh/joko keset, damar, sono, sengon dan lain-lain. Di Jepara banyak dijumpai para pengrajin ukiran, mulai bentuk  patung, motif daun, ukiran relief dan lain-lain. Berbicara mengenai ukiran, yang pertama kali terlintas di pikiran kita pasti ukiran jepara. Tidak heran memang, sebab di jepara merupakan salah satu kawasan industri penghasil mebel ukir terbesar di Indonesia. Hingga saat ini, produk ukir-ukiran jepara telah dipasarkan secara luas ke banyak daerah, entah itu dalam negeri maupun ke luar negeri. Saking terkenalnya, hampir di seluruh wilayah di Indonesia terdapat produk ukir-ukiran yang berasal dari jepara, baik berupa ukiran mebel, kaligrafi, relief ataupun jenis produk ukir-ukiran lainya. Bahkan ada sebagian orang yang mengatakan kalau kiblatnya ukiran kayu di Indonesia adalah Jepara. Meskipun di daerah dan tempat lain tentunya terdapat juga kawasan industri mebel ukir serupa tapi perkembangannya tidak semaju di Jepara.

ukiran relief naga
ukiran naga
   Kepopuleran ukiran jepara tidak hanya sebatas di wilayah Indonesia saja, tetapi juga terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan dari luar negri akan produk ukir-ukiran jepara. Oleh karena itu, produk ukir-ukiran jepara juga sering diekspor ke negara-negara lain.

Ciri Khas Ukiran Jepara

  Ukiran Jepara mempunyai ciri khas tersendiri yang dapat membedakan ukiran tersebut asli dari Jepara atau bukan. Salah satu cirinya adalah corak dan motif dari ukiran. Ukiran asli Jepara juga terlihat dari motif Jumbai atau ujung relung dimana daunnya seperti kipas yang sedang terbuka yang pada ujung daun tersebut mengecil atau meruncing. Dan juga terdapat 3 atau 4 buah biji yang keluar dari pangkal daun. Selain itu, tangkai relungnya juga memutar dengan gaya memanjang dan menjalar membentuk cabang-cabang kecil yang berguna untuk mengisi ruang dan memperindah.

  Ciri-ciri hhas yang disebut di atas sudah cukup untuk mewakili sebagai identitas ukiran Jepara. Karena motif ukiran tersebut ada juga yang oleh para pengrajin ukiran diterapkan di berbagai perabotan rumah tangga seperti, kursi. meja, almari, tempat tidur atau dipan, bufet, pigura/bingkai kaca, dll.

ukiran keagamaan nasrani
ukiran perjamuan agung
Alasan kenapa ukiran jepara begitu terkenal dan sangat digemari oleh penyuka seni ukir
  • Yang pertama adalah inovasi pengrajin ukiran jepara
Jika dicermati, motif ukir-ukiran jepara pasti selalu berubah-ubah mengikuti tren yang berkembang saat ini, jadi motifnya tidak monoton itu-itu saja, dengan kata lain motif ukiran jepara selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Kalau dulu ukir-ukiran jepara kebanyakan bermotif rumit (klasik), kini di era modern motif dan model ukiran jepara dibuat lebih simpel dengan tujuan lebih menonjolkan kesan minimalis sesuai dengan model yang banyak digemari saat ini.

    macam-macam ukiran jepara
    ukiran model baru
  • Yang kedua adalah tampilan ukiran
Tampilan ukiran jepara selalu terlihat luwes (tidak kaku) dan terlihat rapi sehingga ukirannya menarik dan enak dipandang mata. Keelokan ukiran jepara tidak pernah luntur dimakan zaman, dipandang dan dinikmati kapanpun akan selalu tetap indah dan mempesona.
  • Yang ketiga adalah pengukir ukiran yang profesional
Untuk menciptakan motif ukiran yang baik dan menarik tidaklah mudah, pengrajin harus mempunyai jiwa seni yang tinggi. Untuk itu, pengukir membutuhkan keahlian dan ketelatenan yang tinggi, tidak sedikit orang yang belajar mengukir berhenti ditengah jalan dikarenakan waktu dan prosesnya yang cukup lama sehingga benar-benar menguasai. Selain itu, kreativitas dari si pengukir juga sangat diperlukan untuk menciptakan motif ukiran yang selalu inovatif.

jenis ukiran keagamaan
ukiran patung budha
Legenda Asal Muasal Ukiran Jepara

   Ukiran kayu di jepara, untuk produksinya ada di tempat-tempat yang memang terkenal dengan pengukirnya yang sudah mahir. Dengan tatah dan pahat ukir, pengrajin ukiran di jepara membuat bentuk dan motif yang sudah biasa beredar di pasaran, sehingga proses pembuatannya tidak terlalu lama, karena kebanyakan dari mereka sudah sangat hafal. Keahlian pengukir jepara ini, didapatkan turun-temurun dari nenek moyang pengukir.

   Menurut sejarah mengapa masyarakat Jepara mempunyai keahlian membuat ukir kayu adalah konon pada jaman dulu kala ada seorang seniman hebat dan serba bisa yang bernama Ki Sungging Adi Luwih. Kepiawaian melukis dan mengukir Ki Sungging ini terkenal sampai telinga raja, dan raja pun akhirnya bermaksud memesan gambar lukisan gambar tubuh permaisurinya. Ki Sungging bisa menyelesaikan ukirannya dengan baik, namun pada saat Ki Sungging hendak menambahkan cat hitam pada rambut, ada cat yang tercecer di gambar permaisuri tersebut pada bagian paha sehingga nampak seperti tahi lalat. Karena tidak menyadarinya, Ki Sungging tetap menyerahkan lukisan itu kepada sang raja dan raja pun sangat kagum dengan hasil karya sang juru lukis. Namun takdir berkata lain, sang raja melihat noda hitam pada lukisan yang terkena cat dengan tidak sengaja tadi, sang raja pun curiga kepada Ki Sungging. Sang raja mengira bahwa Ki Sungging pernah melihat permaisuri telanjang, disebabkan noda lukisan yang terlihat berada pada bagian paha permaisuri.


   Kemudian raja menghukum Ki sungging dengan cara dibuang menggunakan layang-layang raksasa dengan maksud agar Ki Sungging terbawa angin entah kemana. Lalu disertai alat-alat lukis dan pahat, Ki Sungging pun diikat dan diterbangkan menggunakan layang-layang raksasa. Karena angin kencang berhembus, Ki Sungging pun terombang-ambing di angkasa sehingga peralatan Ki Sungging pun berjatuhan dari udara. Konon, pahat Ki Sungging ada yang terjatuh di daerah Jepara, sehingga Jepara mendapat ilmu dari seniman serba bisa tersebut, dan kemudian menjadi tempat berkembangnya Ukiran sampai sekarang ini.

tag: ukiran murah, ukiran jati jepara, ukiran mebel jepara, jepara ukiran terbaru, jepara kota ukir, pengrajin ukiran, harga ukiran jepara, jual ukiran jepara murah, jepara furniture ukiran, jati ukiran minimalis, jati mebel jepara, furniture ukiran jepara, pusat ukiran di jepara, relief ukir jepara, seni ukiran jepara 


Label:
, , , ,

Bagikan: