Ukiran Jepara Bernilai Seni Tinggi Termasyur SeAntero Jagad

ukiran jepara ukiran relief
ukiran relief pedesaan
   Ukiran adalah kerajinan tangan yang berasal dari kayu, diantaranya dari kayu jati, mahoni, sengon, meh / joko keset, dan lain-lain. Penghasil ukiran yang sudah sangat terkenal adalah kota Jepara, yang mana banyak ditemukan pengrajin ukir yang memproduksi ukiran dari kayu. Hampir di seluruh kecamatan di Jepara terdapat pengrajin mebel ukir kayu, karena memang kebanyakan pengusaha mebel uiran dan furniture adalah di Jepara. Pusat Kerajinan Ukir Relief terletak di desa Senenan, tepatnya di SENTRA UKIR KERAJINAN RELIEF Ds SENENAN (depan Rumah Sakit Umum Daerah RA Kartini JEPARA). Hasil dari kerajinan ukir jepara bisa bermacam-macam bentuk dan motif, mulai dari motif patung hewan dan manusia, motif daun, motif relief cerita rakyat,dan lain sebagainya.

   Ini adalah contoh ukiran yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia dan diakui kualitas seninya. Ukiran merupakan barang seni tingkat tinggi konsumsi para pecinta seni. Ukiran adalah salah satu bentuk karya seni yang cara produksinya yang terbilang cukup rumit, hal inilah yang menyebabkan harga ukiran begitu tinggi. Memerlukan kesabaran ekstra tinggi untuk membuatnya, dan selain itu hanya bakat dan naluri seni tinggi yang mampu menciptakan seni ukir relief seperti ini. Ukiran diatas mengisahkan tentang cerita rama shinta yang termasuk di dalam cerita rakyat RAMAYANA. Karena sudah sangat terkenal, maka kebanyakan pengrajin Ukiran Relief Jepara menuangkan cerita ramayana ke dalam bentuk dan motif ukiran. Ukiran diatas adalah salah satu contoh ukiran yang terinspirasi dari kisah rama shinta, masih banyak cerita rakyat tradisional yang lainnya. Diantaranya motif joko tarub dan 7 bidadari, prabu karno tanding (mahabarata), hanoman obong (ramayana), pemandangan alam,suasana pedesaan, menanam padi, mbok bakul jamu, dll.

ukiran jepara panorama ukiran pemandangan
ukiran relief pemandangan

   Ukiran Jepara terkenal mulai dari dalam negeri sampai luar negeri, hal ini tentu memberi keuntungan kepada para pengrajin ukiran untuk mengenalkan produk-produk terbarunya. Perlu sekali upaya Pemerintah ikut membantu memajukan ukiran mebel, hal ini bisa dilakukan dengan cara menggencarkan dan mengikuti ajang pameran seni di luar negeri. Sehingga Ukiran Relief Jepara dapat lebih banyak dikenal di mata dunia dan kita juga bisa mengembangkan usaha ukiran melalui peluang tersebut diatas. Tapi perlu diingat juga, bahwa ada tantangan untuk kita karena berlakunya kemitraaan dagang strategis melalui TRADE RELATED INTELLECTUAL PROPERTY RIGHTS TRIPP, karena dengan adanya pasar bebas hukum dagang international, maka tekhnologi tradisional karya anak bangsa seperti Ukiran Jepara perlu dilindungi hak patennya. Hak paten sangat diperlukan untuk membantu proses perdagangan, sebab jika kita sudah memiliki hak paten maka proses penentuan harga dan pemasarannya pun akan menjadi mudah. Dan ini bisa membuat para konsumen atau pembeli bisa mengerti bahwa pengrajin ukiran yang sebenarnya adalah dari Jepara Jawa Tengah Indonesia

   www.jeparaapik.com adalah website toko mebel furniture jati yang termurah dan terlengkap se kota jepara, anda bisa memesan kepada kami, mebel furniture ukiran entah itu yang bertipe minimalis atau ukiran relief. Anda bisa menghubungi contact person kami di 085226322425 dan PIN BB 32F48045 untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Artikel Terkait