Ukiran Relief Kisah Cinta Rama Sinta

ukiran relief 3 dimensi rama sinta
ukiran relief rama sinta
Anda mungkin sudah pernah mendengar ukiran 3 dimensi atau bahkan sudah memiliki beberapa produknya sebagai hiasan dekorasi rumah Anda. Tetapi tahukah Anda bahwa Kota Jepara, yang merupakan sebuah kabupaten kecil di Jawa Tengah, adalah surga ukiran relief 3 dimensi. Ukiran relief 3 dimensi adalah sebuah maha karya dari seniman ukir yang unik dan berseni, karena diukir secara 3 dimensi atau dengan bahasa kasarnya tumpuk menumpuk atas bawah, dan setiap bagian menceritakan tentang sebuah cerita yang bermacam-macam. Seperti tentang cerita keindahan pedesaan dengan tanaman padinya yang hijau, pemandangan pegunungan dan masyarakatnya, bahkan ada juga cerita rakyat yang melegenda seperti mahabarata, ramayana, joko tarub, wali songo, suasana pecinan, dan lain lain.

ukiran relief ramayana khas jepara
ukiran relief ramayana
Khusus untuk ukiran relief 3 dimensi Jepara yang foto atau gambarnya Kami pampang diatas, menceritakan tentang perjalanan cerita ramayana, yang bagian ini berkisah tentang kisah cinta Rama dan Sinta. Karya ukirnya yang satu ini terlihat unik dan berbeda karena diukir berlapis (atas bawah). Seorang pengukir relief 3 dimensi dapat diumpamakan seperti seorang yang sedang menumpahkan imajinasinya dibantu dengan cerita-cerita yang beredar dimasyarakat menjadikan ukiran jepara sangatlah berseni tinggi.

ukiran jepara cerita rama sinta
ukiran cerita rama sinta
Ukiran relief 3 dimensi ini menggunakan bahan baku utama yaitu kayu jati, karena kayu jatilah yang memiliki karakteristik yang tepat untuk pembuatan karya seni ukir ini. Kayu jati umumnya dipanen dari perkebunan kayu jati dan bukan berasal dari hutan-hutan alam. Sehingga akan menghasilkan kayu jati yang sehat dan kuat karena dipupuk dan dikontrol oleh Perhutani Daerah setempat. Selain itu kayu jati bisa mempercepat proses pembuatan ukiran relief 3 dimensi, karena kayu jati memiliki tingkat kekeringan yang bagus dan urat kayu yang ulet namun mudah diolah memakai pahat ukiran.

ukiran relief 3 dimensi jepara murah
ukiran  3 dimensi khas jepara
Desa Senenan adalah pusat kerajinan ukir relief 3 dimensi di Jepara yang terdapat ratusan pengusaha skala kecil dan menengah. Namun masa depan dari karya seni berkualitas tinggi ini sudah mulai terancam. Mengapa?Karena kerumitan pembuatannya dan penggunaan kayu jati sebagai bahan bakunya membuat produk ini menjadi padat modal atau berharga mahal dan selain itu juga pembuatan ukiran 3 dimensi membutuhkan waktu lama, sehingga faktor untuk mendapatkan keuntungan cukup lama karena harganya yang tidak murah.

Jika Anda ingin mempunyai ukiran 3 dimensi ramayana seperti dalam gambar, bisa memesan langsung ke toko mebel jepara apik furniture yang terletak di desa senenan kecamatan jepara jawa tengah. Atau juga bisa menghubungi langsung nomor telepon 085226322425 dan pin BB 32F48045 untuk mendapatkan seni ukir relief jepara 3 dimensi.

Artikel Terkait