Jepara, Pusat Mebel Furniture Indonesia

ukiran jepara relief relung jati
seni ukir relief relung
   Industri furniture mebel bagi Indonesia merupakan salah satu komoditi ekspor utama selain minyak dan gas bumi. Mebel Jepara, merupakan kekayaan budaya dari peradaban masyarakat sejak dulu yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun-temurun. Aktivitas para pengrajin ukir di jepara sudah terlihat saat memasuki kawasan jalan Soekarno Hatta, di sepanjang desa Tahunan dan Senenan, yang merupakan showroom Mebel terpanjang di dunia. Di sisi kiri dan kanan, kawasan yang juga merupakan jalan protokol kota Jepara yang bersih dari sampah ini berjejer toko-toko mebel furniture. Mulai dari toko yang bentuknya sederhana, sampai rumah toko mewah berdinding kaca bening sehingga terlihat jelas perabot mebel furniture yang dipajang. Mebel-mebel yang dipajang di dalam maupun di teras toko terdiri dari berbagai produk dan dari beraneka jenis kayu, mulai dari perabotan rumah tangga hingga berbagai jenis seni kerajinan yang membuat takjub penglihatan mata yang memandang.


   Awalnya Seni ukir relief ini diperuntukan untuk hiasan dinding, tetapi sesuai perkembangan, kemudian relief ini juga bisa digunakan untuk segala macam furniture. Motif relief itu sendiri terus berevolusi setiap tahunnya. Pada tahun 1960-an, para pengrajin relief lebih dominan mengambil motif alam pedesaan, lalu 10 tahun berikutnya mulai muncul motif Ramayana atau Mahabarata dan terus berkembang lagi mulai tahun 1980 hingga sekarang sudah banyak relief bermotif tumbuhan dan hewan. Harga Ukiran Relief bervariasi, tergantung dengan ukuran Mebel, mulai dari jutaan sampai puluhan juta.

PROSES PENGERJAAN UKIRAN

   Untuk pengerjaan Relief hiasan dinding dengan motif tumbuhan dan hewan dapat memakan waktu yang lama, bahkan mencapai satu tahun bila hanya satu orang yang mengerjakannya. Tetapi, jika yang mengerjakan 3 orang, bisa sampai enam bulan bisa selesai, Produksi ukiran relief biasa menggunakan kayu jati, mahoni, atau kayu meh. Kayu-kayu tersebut merupakan kayu yang berkualitas bagus dan mudah diukir, sehingga sering dijadikan bahan baku ukiran.

TOKO FURNITURE TERPERCAYA

   Toko mebel furniture di Jepara jumlahnya ratusan, sedangkan pengrajin mebel furniture mencapai ribuan. Diantara yang sudah cukup lama bergerak di bidang mebel adalah Jepara Apik Furniture. Toko mebel furniture yang didirikan sejak 1995 ini, sudah sangat berpengalaman dalam hal mebel ukir furniture. Anda bisa mengunjungi situs websitenya di www.jeparaapik.com.

Artikel Terkait