Tips Membeli Mebel Jati Berkualitas

contoh gambar mebel jati jepara
mebel jati jepara

Mebel atau furniture dari kayu memang masih menjadi pilihan untuk melengkapi kebutuhan rumah. Mebel sendiri sebenarnya tidak hanya dari kayu saja, melainkan bisa juga menggunakan bahan yang lain, seperti triplek, bambu, dll. Khusus untuk mebel jepara, banyak dibuat dari bahan dasar kayu, bisa dari jati, kayu sono, kayu mahoni, dsb. Kayu jati sendiri sampai sekarang menjadi pilihan utama masyarakat ketika memilih perabot rumah.

contoh gambar mebel dipan jati
mebel dipan jati
Dipilihnya kayu jati sebagai bahan utama, tidak lepas karena jati dipercaya sebagai bahan baku furniture yang banyak memiliki keunggunlan di bandingkan dengan kayu lainnya. Salah satunya kelebihannya adalah, kayu jati sangat awet karena tidak mudah dimakan rayap atau kutu sejenisnya. Selain itu, kayu jati juga memiliki urat kayu yang kuat dan bagus, sehingga sangat kokoh dan cantik jika dibuat perabot.




Berikut trik dan tips memilih mebel jati berkualias

1. Hindari Mebel Jati yang terdapat Cocoh

contoh gambar mebel almari minimalis jati
mebel almari jati
Cocoh adalah lubang-lubang kecil yang terdapat di permukaan kayu jati. Cocoh terjadi karena kayu jati di buat rumah oleh serangga kecil yang menyebabkan terjadi bubuk di bagian badan kayu jati. Ciri-ciri kayu yang terkena cocoh adalah, adanya lubang kecil di bagian kayu jati sehingga jika dibuat furniture akan menjadi rapuh. Untuk itulah hindarilah membeli mebel kayu jati yang terdapat cocoh atau bukuk.

2. Pilih Bahan Mebel dari Kayu Jati TUA (kalau bisa menggunakan Kayu yang dikeluarkan oleh Perhutani)

Untuk memilih mebel jati, sebisa mungkin memilih mebel yang menggunakan bahan kayu jati TUA, kayu jati tua sendiri memiliki beberapa ciri. Diantaranya serat kayu yang padat, berat kayu juga lebih berbobot, warna kayu coklat kemerah-merahan dan merata pada tiap bagiannya. Jika anda kesulitan memilih kayu jati tua, lebih mudahnya anda memilih Kayu TPK (Tempat Pelelangan Kayu) yang dijual oleh pihak Perhutani, karena bisa dipastikan sudah memiliki umur kayu yang tua, umur ideal kayu jati yang bagus untuk mebel adalah minimal 20 tahun.

3. Finishing Mebel Jati Bagus dan bekualitas

contoh gambar mebel jati madura
mebel kursi tamu madura jati
Salah satu cara untuk mengetahu finishing produk mebel jati yang bagus ialah dengan melihat produk mebel secara langsung. Di jepara banyak sekali para pengrajin finishing mebel jati yang berpebgalaman, sehingga karya-karya produk furniture memang bagus dan berkualitas. Finishing atau pewarnaan mebel sangatlah berperan penting dalam memilih mebel jati. Pewarnaan yang halus dan merata adalah sesuatu hal yang wajib untuk mendapatkan produk mebel yang maksimal. Sebisa mungkin menggunakan bahan finishing terbaik dan yang cocok untuk kayu jati, karena jika hasil pewarnaan ini kurang bagus, dipastikan produk mebel jati kurang diminati. Cara yang paling mudah untuk memilih pewarnaan / finishing yang bagus adalah dengan diraba. Jika finishingnya bagus, maka produk mebel jati akan sangat halus ketika di pegang. Dan sebisa mungkin memilih produk yang rata dan tidak bergelombang.


4. Kontruksi Mebel Harus Kuat Dan Kokoh

contoh gambar mebel bufet kaca jati
mebel almari 3 pintu jati
Salah cara hal yang wajib dipunyai suatu produk mebel adalah umur penggunaan atau keawetan. Mengetahui bagus tidaknya sebuah kontruksi dari produk mebel jati, bisa dengan cara melihat langsung ke pengrajin mebel. Di dalam setiap bengkel produksi, kita bisa melihat dan memilih, bagaimana mebel-mebel tersebut di produksi. Dilihat dari kayu yang tebal / panjang, lem yang kuat, paku / sekrup yang tepat, adalah cara-cara untuk memilih produk mebel yang kuat dan kokoh. Cara yang paling mudah adalah dengan mencobanya langsung. Jika dirasa nyaman dalam pemakaian, tanpa ada suara kayu berderit, itu bisa menjadi patokan dalam memilih konstruksi mebel yang bagus.


5. Pilih Mebel Asli Jepara Jawa Tengah


Jepara merupakan pusat atau sentra industri mebel jati,. Di sini terdapat banyak sekali pengusaha atau pengrajin mebel furniture. Kualitas produk mebel dari jepara sudah tidak diragukan lagi. Sudah banyak sekali produk-produk dari jepara yang di ekspor ke luar negeri, guna memenuhi kebutuhan furniture di dunia. Produksi mebel jepara telah menjadi usaha berskala internasional, sehingga produk yang di hasilkan dari kota jepara rata-rata memiliki kualitas yang baik guna meraih kepercayaan dari konsumen pasar mebel dunia. Terbukti dengan banyaknya customer asing yang mempercayakan kebutuhan mebel furniture di negara yang di impor dari jepara indonesia. Selain kelebihan di atas, kemampuan pengrajin mebel jepara dalam membuat mebel ukir memang memiliki keunikan tersendiri, keahlian membuat produk di wariskan secara turun temurun oleh nenek moyang warga jepara. Warga masyarakat jepara sedari kecil sudah di ajari cara untuk membuat mebel yang baik sehingga tau betul cara membuat mebel jati berkualitas bagus.

contoh gambar mebel kursi jati
mebel kursi jati
Demikian trik dan tips cara memilih mebel jepara yang berkualitas bagus, akhir kata selamat berburu mebel jepara berkualitas.

Terbanyak Dibaca